Ketika FGD di Facebook Menjadi Pro dan Kontra Sebagai Suatu Inovasi

Standard

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

    Inovasi selalu ada di berbagai fase zaman, mulai dari zaman Nabi Adam sampai saat ini di sebuah masa di mana teknologi sudah canggih. Zaman dulu, belum ada yang mengenal istilah inovasi ketika ada sesuatu yang dianggap baru oleh suatu masyarakat hingga suatu ketika ada seorang ahli yang mengemukakan istilah inovasi, yaitu Schumpeter pada tahun 1934, lalu di kembangkan lagi istilah tersebut oleh Adair tahun 1996 dan di artikan lagi oleh Everett Rogers juga Reigeluth. Arti dari inovasi sendiri adalah suatu gagasan, ide, produk yang dianggap baru oleh suatu kalangan masyarakat.

Saat ini, perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dikarenakan kebutuhan dan desakan akan masyarakat dalam melakukan kegiatan atau rutinitas mereka. Inovasi seperti google yang jika ingin mencari sesuatu serba ada, lalu youtube jika ingin menonton suatu video atau film dari berbagai negara, yahoo yang dikenal akan penggunaan email oleh orang di berbagai negara, facebook, twitter, skype, dan masih banyak lagi lainnya yang memudahkan orang untuk mendapatkan informasi sekaligus berkomunikasi dengan orang jauh yang masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Facebook sebagai salah satu inovasi memiliki banyak fungsi yang telah digunakan oleh jutaan orang, mulai dari chatting, menulis notes, membuat status, membuat grup untuk suatu komunitas, sampai pada pemanfaatan untuk edukasi dalam pembuatan grup yang bertujuan sebagai suatu Forum.

B. Rumusan Masalah

Apakah Forum Group Discussion di Facebook sebagai suatu inovasi atau hanya sebagai perubahan dari pengganti kuliah tatap muka yang mengacu pada teori Rogers dan Reigeluth.

C. Tujuan

Survey ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana responden menanggapi apakah FGD di Facebook dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan merupakan suatu inovasi atau bukan.

D. Manfaat

Mengetahui respon dari para mahasiswa dan menyimpulkan forum di facebook sebagai suatu inovasi atau bukan. 

E. Responden

Mahasiswa semester 4, Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.

F. Teknik Pengumpulan Data

Data dikumpulkan dengan melakukan pengamatan penulis terhadap kegiatan di forum facebook, menganalisis apa-apa saja yang di utarakan, dan mengelompokkan untuk respon yang sama

 

HASIL SURVEY

 

A. Jumlah yang Menjawab dan Tidak Menjawab

 Image

   Image

 Image

 

 

B. Jumlah Mahasiswa yang Menjawab “YES”, “NO”, atau “YES dan NO” berdasarkan Teori Rogers

Image

Image

 

Image

Berdasarkan Teori Reigeluth

 Image

Image

Image

 

 

C. Kategori yang Menjawab “YES”, “NO”, dan “YES dan NO”

     Menjawab “YES”

     Image

 Persentase menjawab “YES”

Image

 Menjawab “NO”

Image

 Persentase menjawab “NO”

Image

 Menjawab “YES dan NO”

Image

 Persentase menjawab “YES dan NO”

Image

 

 

PEMBAHASAN

 

Berdasarkan hasil survey diatas, terdapat 27 orang yang aktif dalam forum ini, terlebih ketika memberikan pendapat mengenai pertanyaan berdasarkan teori Rogers dan Reigeluth. 

Dalam teori Rogers, inovasi merupakan suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

Terdapat 11 mahasiswa yang menyatakan setuju dengan pengertian inovasi menurut Rogers, hal ini dikarenakan mereka berpendapat bahwa forum grup diskusi di facebook adalah suatu inovasi yang belum mereka dapatkan sebelumnya. Terdapat 7 mahasiswa yang tidak setuju dengan pendapat Rogers, hal ini dikarenakan mereka yang berpendapat tidak setuju telah mengalami suatu kegiatan yang sama seperti forum di facebook seperti ini. Ada juga yang menjawab “YES dan NO” menurut pendapat Rogers, hal ini dikarenakan mahasiswa yang berpendapat demikian bilang kalau forum ini relatif, menurut mereka forum ini bisa menjadi inovasi atau bisa juga tidak karena pengalaman mahasiswa yang berbeda dengan lingkungan yang berbeda pula dalam pemanfaatan fungsi di facebook selama ini.

Menurut Teori Reigeluth, inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu. 

Terdapat 4 mahasiswa yang menjawab “YES”, hal ini dikarenakan mereka berpendapat bahwa forum seperti ini bersifat menyeluruh artinya adalah semua mahasiswa bisa ikut aktif dalam diskusi di forum ini tentunya yang mengambil mata kuliah DIP dan juga berkelanjutan  dimana forum ini akan ada untuk angkatan berikutnya yang tergabung dalam kuliah difusi inovasi pendidikan. Yang menjawab “NO”, terdapat 19 mahasiswa, rata-rata mereka berpendapat bahwa tidak semua mahasiswa ikut aktif dalam forum ini sehingga tidak menyeluruh, dan ketika mata kuliah difusi inovasi pendidikan berakhir maka forum ini juga akan berhenti tidak berlanjut, karena tidak ada lagi yang dibicarakan dalam forum ini. Sedangkan mahasiswa yang menjawab “YES dan NO” berpendapat bahwa forum seperti ini bukan sesuatu yang baru namun berkelanjutan, ada juga yang berpendapat bahwa forum ini menyeluruh tetapi tidak berkelanjutan.

 

KESIMPULAN

Berdasarkan data yang telah saya analisis diatas, terdapat keragaman jawaban yang diberikan mahasiswa. Jawaban “YES”, “NO” juga “YES dan NO” memiliki selisih yang sedikit.  Pemanfaatan facebook untuk digunakan sebagai Forum Group Discussion (FGD) telah menimbulkan pro dan kontra bagi beberapa pihak yang terkait (mahasiswa yang mengikuti perkuliahan DIP). Pro ketika FGD di FB sebagai suatu inovasi dikatakan bagi mereka yang belum menerima atau belum pernah melakukan forum di facebook selama ini, dan menganggap bahwa forum seperti ini akan berlanjut untuk angkatan berikutnya walaupun kita sudah tidak ikut lagi berpartisipasi didalamnya. Kontra ketika mereka, para mahasiswa sudah pernah mengikuti forum serupa sebelumnya dan menganggap bahwa forum ini tidak bersifat menyeluruh dan berkelanjutan. Namun, apapun itu semua bergantung dari masing-masing mahasiswa karena pengalaman kegiatan pun dari masing-masing mahasiswa berbeda. Inovasi bila mereka belum pernah merasakan FGD di Facebook, begitu pula sebaliknya.

SARAN

Dengan adanya pemanfaatan facebook untuk membentuk suatu grup forum, sebaiknya digunakan dengan sebaik mungkin oleh pihak yang terlibat. Mahasiswa yang telah difasilitasi, sebaiknya aktif dalam forum ini, menjawab pertanyaan dari dosen, memberikan pendapatnya apabila ada statement yang kurang sepaham, bertanya apabila tidak ada materi yang belum dipahami, ya menjadi mahasiswa yang kritis dalam pemanfaatan forum ini. Semoga saja dengan adanya forum ini bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa yang mengambil kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.

 

Daftar Pustaka

http://www.facebook.com/groups/148808011944450/

http://ilearning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2146:kreatifitas-inovasi-dan-perilaku-inovatif&catid=44:dasar-dasar-kewirausahaan&Itemid=69

 

NUR ANNA IRVANDA

1215110550

TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2011

Leave a comment